25 Mei
2011

Google Apps

Menggunakan Google Apps

Saat ini untuk membuat personal Blog dan Web site menggunakan Nama Domain kita sendiri sudah sangat mudah dan murah. Untuk Indonesia telah tersedia Nama Domain untuk penggunaan secara personal dengan akhiran web.id dan dengan harga yang cukup murah, hanya Rp.50,000 (Lima Puluh Ribu Rupiah) untuk pemakaian selama 2(dua) Tahun. Persyaratan minimal yang dibutuhkan adalah copy/scan KTP atau SIM yang masih berlaku, sebagai contoh saya sendiri menggunakan Nama Domain: winston.web.id dan sahusilawane.web.id. Berikut ini adalah tahap-tahap yang dibutuhkan untuk membuat personal Blog dan Web site dengan menggunakan Nama Domain kita sendiri:

Buat Free DNS Account

Sebelum kita mendaftarkan Nama Domain untuk penggunaan personal, terlebih dahulu kita perlu membuat account pada Free DNS Hosting agar pada saat pembuatan Nama Domain kita dapat mengisi kolom “Name Server” dengan nama server DNS yang dimiliki oleh Free DNS Hosting yaitu: [ ns1.afraid.org – ns2.afraid.org – ns3.afraid.org dan ns4.afraid.org ]

Daftar Nama Domain

Untuk mendaftarkan Nama Domain, kita buka situs Pengelola Nama Domain Indonesia kemudian klik menu Register untuk melakukan registrasi account kita secara gratis, ikut petunjuk dari Prosedur pendaftaran domain baru. Saat pembuatan Nama Domain baru, pilihlah untuk pemakai dengan jangka waktu selama 2(dua) tahun. Setelah itu kita akan dikirimkan Invoice Pembayaran lewat Email. Lakukanlah pembayaran secara tunai melalui salah satu Bank yang tertera pada Invoice tersebut, pada slip pembayaran tulislah berita seperti contoh: “Pembayaran Nama Domain sahusilawane.web.id” agar Nama Domain kita dapat segera diaktifasi.

Buat Custom Domain Blogspot

  1. Sign in ke Free DNS Hosting untuk menambahkan Nama Domain kita dan membuat DNS record dengan tipe “CNAME”. Untuk menambahkan Nama Domain kita, klik menu Domain dan klik submenu Add A Domain. Sedangkan untuk menambahkan DNS record tipe “CNAME”, klik menu Subdomains dan klik submenu Add. DNS record tipe “CNAME” yang kita buat disini sebenarnya merupakan subdomain dari Nama Domain kita yang di asosiasikan ke nama server di Google yaitu ghs.google.com. Dalam contoh disini, yang akan kita buat adalah 4(empat) subdomain bagi Nama Domain kita seperti yang saya gunakan adalah [ blog.winston.web.id – docs.winston.web.id – mail.winston.web.id dan www.winston.web.id ], dimana saat pembuatan, pada kolom subdomain yang kita isi hanyalah nama depannya saja (blog, docs, mail dan www). Daftar pembuatannya seperti berikut:

    CNAME   => POINT TO
    blog    => ghs.google.com
    docs    => ghs.google.com
    mail    => ghs.google.com
    www     => ghs.google.com
    
  2. Buat DNS record type “A” sebagai Naked Domain dari Nama Domain kita, dalam contoh disini yang saya gunakan adalah winston.web.id. Hal ini untuk mengijinkan Google untuk meneruskan akses ke winsahusilawane.blogspot.com diarahkan ke blog.winston.web.id. Dalam pembuatan Naked Domain ini serupa dengan membuat CNAME record namun pada kotak isian untuk subdomain kita kosongkan. Daftar pembuatannya seperti berikut:

    A Name Redord   =>      Point To
    winston.web.id  =>      216.239.32.21
    winston.web.id  =>      216.239.34.21
    winston.web.id  =>      216.239.36.21
    winston.web.id  =>      216.239.38.21
    

    Pengaturan DNS kita sekarang sudah lengkap!

  3. Sekarang kita perlu memperbaharui pengaturan Blogspot agar akses ke Blogspot kita dipanggil melalui blog.winston.web.id, hal ini dilakukan dengan Sign in ke Blogspot kita kemudian:

    Klik menu: Settings
    klik tab: Publishing
    Pilih: Switch to
    

Membuat Custom Mail Domain

Setelah kita selesai membuat Custom Domain untuk Blog dan Web site, tentunya kita juga ingin memiliki Email Address yang sesuai dengan Nama Domain yang kita miliki. Google Apps adalah solusi bagi kita untuk memiliki Email Address yang sesuai dengan Nama Domain kita.

  1. Sebelum kita register ke Google Apps, terlebih dulu kita buat DNS record dengan tipe “MX” pada Free DNS Hosting seperti daftar berikut:

    Mail Domain     =>      Host Name               Priority
    winston.web.id  =>      aspmx.l.google.com        10
    winston.web.id  =>      alt1.aspmx.l.google.com   20
    winston.web.id  =>      alt2.aspmx.l.google.com   20
    winston.web.id  =>      aspmx2.googlemail.com     30
    winston.web.id  =>      aspmx3.googlemail.com     30
    winston.web.id  =>      aspmx4.googlemail.com     30
    winston.web.id  =>      aspmx5.googlemail.com     30
    
  2. Setelah itu kita Sign up ke: Google Apps menggunakan email google kita, dalam contoh disini saya menggunakan [email protected] (email ini juga saya gunakan untuk pembuatan blogspot). Lakukanlah langkah-langkah dibawah ini sambil mengikuti petunjuk yang ada.
    Klik tombol: Get Started
    Pilih tombol radio: Administrator: I own or control this domain
    Klik tombol: Get Started
    
    Bila semua langkah tersebut diatas diikuti sampai selesai maka sampai tahap ini kita sudah dapat login ke http://mail.nama_kita.web.id.

Google Apps

Membuat Icon Web Site

Agar Web site kita menampilkan icon kita sendiri, maka kita perlu membuat icon dengan nama favicon.ico. Pada sistim operasi Linux, pertamakali kita buat dulu gambar yang diinginkan menggunakan aplikasi gimp dan disimpan dalam format gif, kemudian dikonversi dengan perintah seperti berikut:
convert nama_file.gif -resize 32x32! favicon.ico
Langkah-langkah dibawah ini dibutuhkan untuk membuat icon web site kita pada Google Sites
  • Navigate to the Attachment management section of your site (More Actions >> Manage Site >> Attachments)
  • Click Upload
  • Click Browse and select your favicon.ico file
    • Your favicon file must be named “favicon.ico”
    • The apple-touch-icon.png file is not currently compatible as a favicon for Google Sites.
  • Choose the option to Upload attachment to / (top-level)
  • Click Upload

Di Terbitkan Oleh Winston Sahusilawane Pada Rubrik Umum : 25 Mei, 2011 |